Catatan Lebah Muda

Catatan kecil pemuda di kaki langit

Jumat, 23 November 2012

Pribadi Rendah Hati




           Manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan dengan kondisi paling sempurna. Manusia diciptakan Tuhan dengan banyak kelemahan. Seringkali manusia tidak menyadari potensi-potensi yang dimilikinya untuk menjadi luarbiasa. Banyak faktor yang menjadikan manusia tidak menyadari potensi-potensi yang dimilikinya  untuk menjadi orang-orang besar. Salah satu hal yang paling sering kita temui adalah orang-orang yang merasa telah mampu dan hebat, padahal sesungguhnya ada potensi terpendam yang jauh lebih besar dalam dirinya apabila ia lebih bersikap rendah hati dan belajar lebih banyak.
         Dalam berbagai kisah, dapat kita temukan banyak contoh dari orang-orang seperti ini. misalnya seorang jalut yang dikenal sebagai prajurit paling perkasa dan berbadan besar dikalahkan oleh seorang bocah kecil yang hanya berbekal sebongkah batu bernama Daud yang kita kenal sebagai Nabi Daud Alaihi Salam dalam sebuah pertarungan satu lawan satu. Ya, Jalut merasa besar kepala karena merasa dirinya lebih kuat dan tidak akan bisa dikalahkan oleh seorang anak kecil. Justru kesombongannya itulah yang akhirnya membawa kehancuran baginya, ia meremehkan lawannya yang seorang anak kecil sehingga tidak mengeluarkan kemampua terbaiknya dalam bertarung sebagaimana biasanya. Hingga akhirnya ia mati karena lemparan batu dari anak kecil tersebut yang tepat mengenai batok kepalanya.
            Pelajaran apa yang dapat kita petik dari kisah tersebut? Ya, manusia adalah makhluk yang banyak kekurangan, tapi kita sendiri sebagai manusia seringkali bersikap dan berperilaku yang menyebabkan munculnya kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Jalut bersikap sombong dan meremehkan. Padahal jika ia serius dan bersikap waspada, tentu sangat mudah baginya untuk mengalahkan Daud kecil.
            Teman-teman hebat, sadarkah bahwa kita manusia diberi begitu banyak kelebihan dan potensi terpendam yang seringkali tidak kita sadari. Potensi-potensi itu akhirnya terbenam dengan sendirinya karena sikap-sikap kita. Maka jadilah insan-insan yang rendah hati, insan-insan yang senantiasa membuka hati untuk belajar, insan-insan yang senantiasa membuka diri untuk mendengar nasihat orang lain, insan-insan yang senantiasa menghormati orang lain. Percayalah sikap-sikap itulah yang akan menjadikan potensi-potensi diri melangit dan menembus batas. Salam Optimis untuk Indonesia J

Dien Iqbal, 18 November 2012, 07.41 PM


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar